Kamis, 06 Januari 2011

Tips Mengatasi Demam Panggung

  www.google.com

Mondar- mandir dengan perasaan khawatir dan was-was bisa kita hadapi ketika kita akan tampil di depan umum. Hal ini sangatlah wajar. Namun, bukan berarti hal itu tidak bisa dikurangi atau bahkan mungkin bisa dihilangkan. Cara mengatasinya antara lain:
1.      Atur nafas sampai tenang
Sebelum berbicara, tarik nafas dalam-dalam. Jangan sampai audience tahu kegugupan kita. Apalagi sampai minta maaf. Karena hal ini, akan memberikan kesan yang negatif pada audience.
2.      Tatap mata audience
Untuk mempertahankan minat audience, selalu tatap mata audience. Sehingga audience merasa keberadannya dianggap oleh kita. Jangan terpacu pada power point yang ada. Sesekali aja melihat ke power point.
3.      Senyum
Selain untuk memberikan kesan yang positif di mata audience, senyum ternyata merupakann cara yang ampuh untuk mengurangi ketegangan. Perasaan kita menjadi relax. Dan audience, tentunya juga akann merasa senang dan nyaman ketika kita membawakan materi dengan tetap tersenyum.
4.      Berusahalah sewajar mngkin
Jangan over. Baik dalam berpenampilan maupun ketika kita membawakan materi. Karena, audience belum tentu nyaman dengan tingkah kita. Selain itu, ketika kita bersikap over, kita juga akan merasa tidak nyaman sendiri. Kita bisa-bisa merasa cemas sendiri. Merasa cemas apakah audience suka dengan penampilan kita, tertarik dengan materi yang kita bawakan? Sadari kecendrungan bahwa kita sedang menjadi pusat perhatian. Hindari gerakan yang berlebih dan jangan mengulng kata-kata.
5.      Berdirilah yang tegak tapi tidak kaku.
Ini akan membuat kita relax dan nyaman. Selain itu, akan terlihat enak untuk dilihat.dan ketika kita akan melangkah, lakukan dengan pasti. Jangan mondar-mandir tanpa tujuan.
6.      Hindri membuat jarak.
Sesekali mencoba membaur kepada audience dan lakukan interaksi dengan audience. Jangan terpacu pada satu titik saja.

Ini merupakan sedikit tentang tips mengatasi demam panggung. Mungkin kalian bisa menerapkannya ketika kalian membutuhkan. agar kalian terbiasa, sering-seringlah kalian melatih kemampuan kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar