Senin, 03 Januari 2011

Teknik Belajar yang Efektif Seperti Apa Ya??


Apa sih Teknik Belajar??
Sebelum kita tahu bagaimana teknik belajar yang efektif, kita harus tahu apa itu teknik belajar. Teknik belajar adalah pendekatan atau cara belajar (LdPride, 2008). Kita juga bisa mengartikannya sebagai metode belajar. Metode belajar yang paling umum digunakan adalah Fleming's VAK model, yakni:
Ø  Visual Learners
Cara belajar yang lebih cenderung untuk melihat. Orang-orang yang menggunakan metode ini akan lebih bisa menyerap informasi yang diberikan jika mereka melihat seperti gambar, slide, diagram, maupun handout.
Ø  Auditory Learners
Cara belajar ini lebih cenderung untuk mendengar. Tanpa melihat gambar, mereka sudah bisa menyerap informasi yang mereka terima. Mereka bisa mendengarkan dari penjelasan dari pengajar, diskusi, maupun dari suara tape.
Ø  Kinesthetic Learners
Cara yang ketiga adalah menggunakan gerakan tubuh. Maksudnya, mereka akan lebih bisa menyerap informasi yang diberikan jika mereka mempraktekkannya. Melalui explorasi, project, maupun experiment.
www.google.com

Teknik Belajar yang Efektif
Teknik belajar yang efektif merupakan metode belajar dimana informasi yang diberikan bisa diserap semua dengan baik. Belajar yang efektif haruslah banyak dipraktekkan, tidak cukup hanya difikirkan dalam angan-angan. Karena, ketika kita mempraktekkan, informasi yang tersimpan lebih banyak dari pada hanya sekedar melihat atau pun mendengar. Selain itu, gunakan informasi terkait untuk meningkatkan teknik belajar. Selain itu, sebelum kita belajar, kita juga harus menjadwalkan waktu belajar kita. Hal ini dimaksudkan agar kita lebih mudah  mengatur waktu belajar kita ketika ada kejadian yang tidak diharapkan. Waktu yang tepat untuk belajar adalah waktu dimana pikiran kita sedang relax, siap, dan telah direncanakan sebelumnya.

Tips Belajar
1.      Pastikan semua tugas telah dibaca dan dipahami, serta buat catatan yang tidak dimengerti.
2.      Agar yang kita pelajari lebih mudah kita ingat dan kita lebih paham lagi, selalu lakukan review catatan yang telah dibuat di kelas hari itu juga.

Sudah mengetahui teknik belajar yang efektif kan? Apakah selanjutnya kalian akan menerapkan dalam cara belajar kalian? Seperti penjelasan di atas, buatlah schedule belajar kalian terlebih dahulu agar waktu belajar kalian teratur.
(dikutip dari ppt Erma Suryani, dosen mata kuliah Ketrampilan Interpersonal, Jurusan Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya)

1 komentar: