Kamis, 06 Januari 2011

Time Management


www.google.com

Permainan pertama adalah “Daftar Kegiatanku”. Disini, kami menulis dalam sebuah kertas yang berisikan jadwal keseharian kita. Baik yang terjadwal maupun tidak.
Rutin terjadwal               : kegiatan dan waktu pelaksanaannya rutin, sudah pasti.
Rutin tidak terjadwal      : waktunya tidak pasti, tapi pasti rutin kita lakukan.
Insidentil terjadwal         : bukan kegiatan rutinitas, tapi bisa direncanakan jauh-jauh hari.
Insidentil tidak terjadwal : bukan rutinitas dan waktunya tidak dapat dipastikan.
Setelah mendaftar kegiatan kita sehari-hari, ternyata kita lebih mudah untuk mengatur jadwal kita dan melaksanakaannya sesuai dengan yang diprioritaskan.
Permainan kedua adalah “Burung dan Pohon”. Dalam permainan kedua ini, kami mendapat berbagai hikmah, di antaranya:
1.      Konsentrasi / fokus
Karena, permainan ini menuntut kita untuk lebih fokus dengan apa yang diperintahkan oleh seseorang.
2.      Sigap dan tanggap
Kita diajarkan untuk sigap dalam menghadapi sesuatu dan tanggap dengan kondisi sekitar.
3.      Mendengar
Kita diajarkan mendengar. Karena, dengan mendengar, kita akan mendapatkan berbagai Informasi.
4.      Hadiah
Kita diajarkan untuk tepat waktu bagi yang terlambat.
Permainan ketiga adalah “Pasir Waktu”. Dalam permainan terakhir ini, diibaratkan waktu itu adalah sebuah gelas. Kegiatan utama adalah sebuah batu besar, kegiatan tambahannya adalah sebuah batu kecil, sedangkan untuk waktu bersantai ataupun air, diibaratkan sebagai air. Jika kita mendahulukan yang batu untuk dimasukkan dalam gelas, maka baik air atau pun batu kecil akan tertampung juga dengan menyesuaikan kapasitas yang tersisa. Sebaliknya, jika kita mendahulukan air atau pun batu kecil, maka batu besar tidak akan bisa ditampung dalam gelas.
Adapun hikmah yang dapat diambil dari permainan ini antara lain:
1.      Berfikir yang matang dan strategi, yang tepat
Melalui berfikir, kita akan menemukan strategi yang baik. Karena itu, dalam melakukan sesuatu, kita harus memikirkannya matang-matang.
2.      Permainan ini mengibaratkan prioritas dalam melakukan sesuatu. Mana yang merupakan tugas pokok, harus dikerjakan terlebih dahulu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar