Selasa, 23 November 2010

Waktunya Kuliah, Waktunya Bermain

Bosen dengan kuliah yang itu-itu aja?? Datang ke kampus, duduk manis, ndengerin dosen yang sedang nerangin mata kuliah. Dapat tugas, dikerjakan, dikumpulkan, dapat nilai deh...Betapa monotonnya hidup seorang mahasiswa?
Tapi sekarang, bukan jamannya kuliah harus seperti itu terus. Di jurusan Sistem Informasi (SI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Surabaya, atau yang lebih dikenal dengan Sisfor ITS, ada mata kuliah yang bikin kita happy. Namanya mata kuliah Ketrampilan Interpersonal , tapi saya menyebutnya mata kuliah refreshing.
Pada mata kuliah ini, dibagi menjadi 2, kelas indoor dan kelas outdoor . Di kelas indoor, kami belajar di kelas sekitar 1,5 jam. Sedangkan di outdoor, kami melakukan permainan-permainan di plasa SI kurang lebih 2,5 jam. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Dari kelompok-kelompok tersebut akan menghasilkan sebuah Team Work.
Ada banyak permaianan yang diajarkan, misalnya Simon Berkata, Angin Bertiup, 20/80 dan masih banyak lagi permainan yang pastinya seru-seru yang tenyata bukan hanya sekedar permaianan. Banyak sekali hikmah-hikmah yang kita dapatkan dalam setiap permaianan.
Dalam mata kuliah ini, kami diminta untuk berani malu. Pasalnya, dalam setiap pelanggaran yang telah dilakukan ketika permainan berlangsung, kami akan mendapatkan sebuah “Hadiah”. Hadiahnya dengan naik ke atas panggung dan melaksanakan perintah yang diberikan oleh instruktur atau bahkan teman-teman yang tidak mendapatkan hadiah. Kadang kami harus menari atau mungkin menyanyi. Tapi melalui hukuman tersebut, membuat kami menjadi lebih percaya diri. Karena memberikan kesempatan bagi kami untuk mengeksplor kemampuan kami.

 
Foto ini diambil ketika mata kuliah KI berlangsug

Sebenarnya, dalam setiap permainan di mata kuliah ini, mensimulasikan kami dalam sebuah perusahaan. Kami diajarkan untuk berorganisasi, diajak berbisnis dan seolah-olah kami berada di dunia kerja. Dalam permainan ini, mental kami dibentuk dan dilatih sehingga siap untuk terjun langsung ke dunia kerja.
Bisa dibayangkan, kuliah yang monoton dikemas sedemikian menariknya hingga mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini tidak bosan. Kami seperti refreshing setelah seharian harus mendengarkan materi yang diberikan oleh dosen yang kadang kami tidak bisa menerima dengan baik materi tersebut.
Nah, itu sekilas gambaran tentang salah satu mata kuliah di jurusanku, Sistem Informasi ITS. Mungkin kalian ada yang punya cerita serupa? Kita bisa sharing lewat blog ini. Sekian dulu dari saya, mohon maaf jika ada salah..See u...
Wassalam,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar