Selasa, 23 November 2010

Bicara Soal PFM

Assalamu’alaikum...
Pasti kalian, terutama yang udah nyandang gelar mahasiswa udah nggak asing lagi dengan 3 huruf yang satu ini, “PFM”. Yapz.. Ini adalah singkatan dari “Peran dan Fungsi Mahasiswa”. Dalam PFM ini secara tidak langsung mengatur hal-hal yang perlu dilakukan oleh seorang mahasiswa dan peran mereka. Baik dalam dunia pendidikan maupun lingkungan masyarakat.
Perlu kalian ketahui, menjadi seorang mahasiswa itu tidak semudah yang kalian bayangkan. Tapi menurut saya tergantung individunya juga. Seorang mahasiswa haruslah mandiri, bertanggung jawab, kreatif dan tanggap dengan segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya.
Tidak jarang dari masyarakat umum memandang mahasiswa sebagai sesuatu yang diistimewakan. Mereka menaruh harapan besar pada mahasiswa. Karena, mereka menganggap mahasiswa dapat dijadikan sebagai wadah penyalur aspirasi masyarakat kepada pemerintah.
Ada beberapa hal yang termasuk dalam PFM, antara lain yang pertama adalah Iron Stock atau regenerasi, yakni generasi baru mahasiswa yang diharapkan mampu merubah negara menjadi lebih baik. Yang kedua adalah Agent of Change atau agen perubahan yang bertugas mengajukan perbaikan atas segala sesuatu yang kurang baik atau lebih jelasnya mahasiswa dianggap sebagai pencetus perubahan yang bermanfaat.Yang ketiga, mahasiswa sebagai Social Control, pengabdian masyarakat. Mengingat mahasiswa berkecimpung juga di lingkungan masyarakat awam, mahasiswa perlu berinteraksi dengan mereka. Disni, mahasiswa diminta dan diharuskan peduli dengan lingkungan sekitar. Selain itu, mahasiswa harus bisa menyesuaikan diri (adaptif), dimanapun dan kapanpun. Artinya, mereka harus bisa memposisikan diri mereka, ketika mereka berada di lingkungan masyarakat maupun lingkungan kampus.
Di lingkungan masyarakat, ketika masyarakat membutuhkan bantuan yang sekiranya kita, para mahasiswa bisa, hendaklah membantunnya. Ketika mahasiswa berada dalam lingkungan kampus, banyak yang harus dilakukan. Selain harus bersosialisasi dengan warga kampus, mahasiswa juga harus berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Meraih prestasi-prestasi yang cemerlang, baik tingkat nasional atau bahkan internasional. Hal ini tentunya akan membentuk image kampus. Kampus tersebut akan dianggap positiv oleh masyarakat. Yang keempat adalah Moral Force, mahasiswa harus mempunyai moral yang baik karena mahasiswa merupakan penerus bangsa.
Mahasiswa juga diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Bukan malah mencari lapangan kerja. Sehingga, mahasiswa berpotensi untuk mengurangi angaka pengangguran yang merupakan salah satu pokok permaslahan negeri ini.
Oleh karena itu, sebagai mahasiswa marilah kita menjalankan dan mengaplikasikan Peran dan Fungsi Mahasiswa dengan semestinya. Menjalankan dengan penuh rasa semangat kemahasiswaan yang peduli, adaptif, dan tentunya prestatif. Dengan ridho-Nya dan tentunya berbagai usaha yang telah kita lakukan, insyaalloh semangat itu akan terbentuk.
Demikian pembahasan tentang PFM kali ini, mohon maaf sekiranya ada salah kata. Baik di sengaja maupun tidak. Semoga bermanfaat bagi pembaca.
Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar